Life

Sekolah, Kuliah dan Kerja

Yup, mata rantai aktivitas yang saling sambung menyambung. Setelah lulus sekolah SMU di buton tahun 2002, saya langsung ke bandung daftar SPMB, sebelum 2002 namanya UMPTN, pas 2002 namanya di rubah jadi SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru). Pilihan 1 Farmasi Unpad & pilihan 2 Farmasi Unhas. Cita2 saya waktu itu pengen jadi seorang Apoteker.

Kebetulan waktu itu  numpang di dago, DDK 10, kompleks DDK, samping Hotel Jayakarta, Bandung. DDK 10 adalah rumahnya pak Manarfa yang di jadikan mess anak2 buton yang kuliah di bandung. Untuk jurusan cadangan ngambil Geofisika Unpad (program diploma III). Setelah pengumuman SPMB keluar gak lulus, yang lulus akhirnya pilihan Geofisika. Terpaksa di ambil walaupun gak sesuai minat dan keinginan. Awalnya pengen ngambil jurusan teknik, tapi karena biaya perguruan tinggi swasta di bandung waktu itu lumayan mahal akhirnya ngambil yang D3 Geofisika Unpad.

Kenapa pilih Geofisika? Karena waktu itu, di DDK 10 ada anak Teknik Geologi Unpad, Teknik Pertambangan, dan Teknik Planologi. Akhirnya di antara pilihan geofisika dan instrumentasi elektronika, pilihan jatuh ke geofisika. Alasannya geofisika lebih dekat rumpun keilmuannya dengan jurusan mereka jadi kalau ada tugas bisa bantu2 hehe…

Akhirnya setelah keluar pengumuman, alhamdulillah lulus. Resmilah saya jadi mahasiswa Unpad, Jurusan Geofisika. Setelah kuliah setahun di Unpad, saya mulai goyang, pengen keluar cari jurusan lain. Padahal waktu itu kegiatan kuliah lumayan capek. Kuliah teori di kampus MIPA Dago 4, depan Planet Dago. Trus kuliah praktikumnya di Jatinangor. Kadang subuh harus udah siap2 takut ketinggalan bis Unpad atau DAMRI dipati ukur-jatonangor via tol M.Toha. Walaupun akhirnya diterusin lagi tapi dengan setengah hati. Setelah 2 tahun kuliah baru ngambil keputusan untuk mantap kuliah di jurusan geofisika. Gila….!setelah tinggal setahun mau lulus baru ngambil keputusan hehe…telat banget kan 🙂 tapi itu lebih baik dari pada gak sama sekali.

Tugas Akhir…Karena gak keterima Tugas Akhir (TA) di oil company akhirnya supaya cepat lulus ngambil TA di Lemigas, yang kantornya di Cipulir. TA ngambil Interpretasi Seismik Refleksi. Tiap minggu bolak balik jkt-bandung untuk nyari bahan. Kadang dari kost (bandung) jm 4 dini hari supaya tiba di terminal Leuwi Panjang subuh. Akhirnya dapat bahan tentang interpretasi seismik dari Mya, Teknik Geofisika ITB 2002. Thanks Mya atas semua bantuannya…diktat kuliah pak Sigit Sukmono sangat membantu lho…hehe.

Di jkt awalnya numpang di rumah saudara tapi setelah masuk bulan puasa akhirnya ngekost supaya bisa fokus TA. Setelah berkutat dengan seismik akhirnya selesai juga akhir 2005. Pulang ke bandung, bimbingan trus maju seminar, sidang dan akhirnya lulus dah hehe…jadi Am.d januari 2006. Wisudanya bulan februari.

Perjuangan belum berakhir, agustus 2006 masuk ekstensi UI. Pas bulan puasa (bulan oktober) keterima untuk magang di Saripari Geosains untuk project akuisisi seismik di Sarolangun, Jambi. Berangkatlah saya ke sana dengan meninggalkan suasana kampus yang lagi UTS (ujian tengah semester). Berangkatnya naik pesawat, ini pertama kalinya naik pesawat buat saya, dan pertama kali juga ke daerah Sumatera. Harusnya magang 1 bulan tapi berhubung khawatir ama kuliah, akhirnya cuman 2 minggu. Akhir oktober sudah balik ke depok lagi. Ngurus2 laporan untuk report ke Saripari. Pertengahan november 2006 mulai searching2 lagi lowogan kerja. Alhamdulillah bulan Desember keterima di VICO Indonesia.

Di VICO lumayan lama. Kayak numpang hidup aja hehe…semua biaya kuliah, biaya hidup, biaya lain2 dominan dari kerja di VICO sampai sekarang. Minggu depan 06 Juli 2010 mau maju sidang sarjana, semoga bisa lancar dan lulus. Amin. Supaya kalau dah lulus S1 bisa nyusun rencana untuk kegiatan lain 🙂

Advertisements

7 thoughts on “Sekolah, Kuliah dan Kerja

    1. Program beasiswa D3 ke S1 mungkin ada tapi jarang.
      Soalnya asumsi orang bahwa lulusan D3 sudah bisa mencari pekerjaan dan sambil lanjut kuliah.

      D3 Geofisika mana?

      Ekstensi Geofisika ada di UI dan UNPAD. Tapi geofisikanya masuk sebagai Peminatan di Jurusan Fisika.

      Like

      1. Kak kalau kita di jurusan fisika unsoed mau ambil peminatan geofisika ada usulan nggak nanti setelah lulus kerja dimana?

        Like

      2. Kalau peminatan geofisika setelah lulus bisa bekerja dimana aja yang berkaitan dengan geofisika, seperti oil n gas, tambang, atau dibidang lain yang menerima jurusan geofisika/fisika.

        Like

  1. Salam kenal kak saya fitri dari teknik geofisika universitas lampung.
    Kak boleh minta email atau kontakny? Saya ingin sharing.
    Terimakasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s