College · Petroleum Geoscience

Wisuda S2 UGM

Alhamdulillah, akhirnya saya bisa ikut wisuda S2 UGM. Hari kamis tanggal 24 April 2014 merupakan hari wisuda pasca sarjana UGM. Wisuda lulusan S2 dan S3 digabung dalam satu hari, yang bertempat di Graha Saba UGM, Yogyakarta. Ini adalah wisuda saya yang ketiga kalinya dalam kuliah. Sebelumnya saya sudah wisuda D3 di Unpad pada Februari 2006 dan wisuda S1 di UI pada tahun 2010, bulannya agak lupa antara Agustus atau September. Jika pada saat wisuda D3 dan S1 saya di dampingi oleh Ibu dan Adik saya, maka pada wisuda S2 ini saya ditemani oleh Istri.

Sebenarnya saya dinyatakan lulus S2 pada akhir 2013 yaitu setelah selesai sidang tesis pada tanggal 7 Desember 2013 tetapi baru bisa mengikuti wisuda bulan April 2014. Segala suka duka selama mengikuti kuliah di Petroleum Geoscience UGM seperti terlupakan sejenak saat wisuda. Perjuangan dari tahun 2011 hingga awal 2014 seperti terbayar dengan wisuda S2, apalagi saat menerima ijazah.

Menurut saya, proses wisuda S2 UGM berbeda dengan proses wisuda yang saya sudah ikuti sebelumnya di Unpad (D3) dan UI (S1). Di UGM peserta wisuda harus menandatangani daftar absen wisuda, yang artinya bahwa nama – nama yang tertera diabsensi merupakan nama – nama peserta wisuda yang telah mengurus proses – proses adminitsrasi untuk mengikuti wisuda. Bila peserta tidak mengisi absensi maka namanya tidak akan dipanggil ke depan untuk penyerahan ijazah oleh Dekan masing – masing.

Hal yang menarik dari wisuda ini yaitu para peserta menerima langsung Ijazah asli saat dipanggil ke depan, bukan simbolis seperti wisuda yang pernah saya ikuti. Hal ini membuat wisuda sangat terasa “wisuda”nya karena ada yang kita bawa pulang yaitu ijazah kita masing – masing. Setelah wisuda maka saya dan istri berfoto di booth foto berbayar di area sekitar tempat wisuda. Foto yang diberikan oleh UGM hanya foto yang diambil saat momen penyerahan Ijazah oleh Dekan masing – masing saat di dalam ruangan.

Now, I am a Master of Engineering 🙂 Alhamdulillah, istimewah. Semoga masih bisa lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi, amiiin.

Leave a Reply

