Life

Pengalaman Delay Bersama Lion Air

Sebenarnya saya sudah beberapa kali mengalami delay penerbangan sama lion air. Delay di jakarta, yogyakarta, makassar, baubau semua sudah pernah. Dan semua delay ini ga pernah saya tulis di blog untuk menjaga nama baik lion air dan juga memang saya ga sempat nulis waktu itu. Tapi untuk delay yang ini sepertinya saya harus menulisnya. Selain benar-benar membuat emosi waktu itu, juga sebagai peringatan buat teman-teman yang mau naik lion agar memperhatikan jam dan kepentingan terbang.

Jadi waktu itu (kamis, 9 maret 2017) saya dari baubau mau ke jakarta dengan penerbangan wings air & lion air transit di makassar. Baubau – Makassar pake IW-1307 dan Makassar – Jakarta pake JT-793. Detail jam terbangnya seperti e-ticket saya di bawah.

Tiket Lion Air Baubau-Jakarta
e-Ticket saya pake Wings dan Lion Air, Baubau-Jakarta

Estimasi saya waktu itu adalah penerbangan siang biasanya lion air selalu on time, delay paling cuman 5 menit. Jadi dalam pikiran saya waktu itu, pas tiba di makassar jam 12.55 WITA saya bisa langsung naik pesawat yang ke jakarta jam 13.25 WITA tanpa harus menunggu lama. Sekali lagi ini adalah estimasi atau perkiraan saya, tanpa memperkirakan faktor delay. Soalnya lion air yang di makassar beberapa kali atau bahkan sering delay, jadi telat2nya ya jam 13.45 udah terbang dari makassar.

Jadi saat check in di counter lion air bandara betoambari baubau setelah di kasih boarding pas untuk baubau-makassar saya langsung minta dikasih dengan boarding pas untuk makassar-jakarta. Sebenarnya tanpa diminta pun biasanya petugas check in selalu langsung ngasih, tapi beberapa bulan terakhir ini selalu hanya dikasih boarding untuk baubau-makassar. Kalau terbang dari jakarta boarding pasnya langsung di kasih dua yaitu jakarta-makassar dan makassar-baubau.

OK, kita kembali ke petugas check in di bandara betoambari baubau. Ternyata si kakak/mbak petugas check in bilang nanti di makassar akan dikasih borading pas makassar-jakarta. Saya bilang jarak antara tiba pesawat di makassar dan pesawat terbang ke jakarta itu mepet, saya khawatir telat kalau harus ngantri ngambil boarding pas di makassar. Si mbak malah bilang gak akan telat, nanti akan ditungguin kok di sana nanti.

Hmm pengen rasanya si mbak ini saya ajak langsung ke makassar supaya tahu bagaimana model antrian di counter transit lion air di sana. Dia belum tahu kalau ngantri ngambil boarding pas transit lion air di makassar itu kayak rebutan sembako, asli ga teratur dan ga ada baris antrian, siapa yang kuat dia yang cepat dapat boarding pas. Kapan-kapan nanti saya tulis tentang susahnya mengambil boarding pas di counter transit lion air makassar.

Karena si mbak petugas bilang nanti akan ditungguin, ya sudahlah terima saja, walaupun dalam hati sebenarnya percaya ga percaya. Masuklah saya di dalam ruang tunggu bandara betoambari yang ternyata udah banyak orang dan susah mencari tempat duduk. Nanti saya akan tulis juga bagaimana susahnya mendapatkan tempat duduk di ruang tunggu bandara betoambari ini.

Jam sekitar 11.30 WITA pesawat lion air (wings air) yang akan ke makassar belum ada. Padahal jam keberangkatan ke makassar jam 11.50 WITA, wah ada apa ini dengan pesawat wings. Noted; wings air adalah pesawat dari group lion air yang melayani penerbangan jarak dekat. Dan benar tidak lama kemudian langsung ada pengumuman bahwa penerbangan IW1307 tujuan makassar mengalami keterlambatan karena pesawatnya belum tiba dari kendari. Kebayangkan bagaimana sedihnya hatiku waktu itu. Jadi sekarang teman-teman sudah tahu bahwa kalau lion air delay berarti di tempat lain juga delay dan pastinya juga akan berpengaruh dengan jadwal lain. Satu tempat yang delay efeknya tempat lain juga kena.

Dan singkat cerita jam 12 siang atau lewat dikit pesawat wings air yang dari kendari tiba juga di baubau dan pesawatnya akan dipake bergantian dengan penumpang yang mau ke makassar. Pokoknya semua serba cepat dan terburu-buru, para penumpang pun sudah banyak yang ngedumel. Sekitar jam 12.10 WITA kita sudah masuk ke dalam pesawat wings air IW1307 dan terbang sekitar jam 12.15 atau 12.20 WITA. Tiba di makassar saya buka HP lihat jam sekitar 13.20 atau 13.25 WITA. Saya udah pasrah aja ditinggal pesawat yang ke jakarta sambil mengingat kata2 si mbak petugas yang di baubau tadi bilang bahwa nanti akan ditungguin di makassar. Setelah tiba di terminal kedatangan bandara sultan hasanuddin makassar saya langsung menyeret tas sambil agak berlari dan berlari ke counter transit lion air.

Tiba di counter transit lion air makassar, seperti yang saya bilang sebelumnya bahwa siapa yang kuat dia yang dapat duluan dapat boarding pas. Sekitar 10 menit kemudian saya akhirnya dapat juga boarding pas dan langsung lari ke menuju gate 5 karena saya dengar panggilan terakhir lion air JT793 tujuan jakarta segera masuk pesawat melalui gate 5 sesuai dengan tiket saya. Tiba di gate 5 langsung nunjukkin boarding pas dan tiba-tiba si petugas yang memeriksa boarding pas bilang bahwa jadwal saya nanti jam 15.20 WITA.

Lho…lho…ada apa ini, kenapa berangkat jam 15.20 WITA? Setelah saya periksa lagi boarding pas saya ternyata pesawat keberangkatan saya sudah diganti tanpa pemberitahuan sebelumnya. Saya langsung protes ke petugasnya kenapa saya dapat jam 15.20? Di tiket saya jam 13.25 dan pesawatnya masih ada walaupun sebenarnya pesawat ini sudah delay karena saat itu sudah dekat jam 14.00 WITA. Si petugasnya bingung mau jawab apa.

Boarding Pas Lion Air Makassar Baubau
Boarding pas JT-797 Makassar-Jakarta

Tiba-tiba muncul petugas lion air yang menanyakan ke temannya apakah ada satu seat kosong untuk penumpang? Sy curiga ada juga yang protes seperti saya dan minta tetap berangkat. Kemudian saya bertanya lagi ke petugas yang duduk di counter lion air gate 5 tentang boarding pas saya. Dan dengan jawaban yang lumayan halus si petugasnya bilang; “kita ga tahu pak, kalau masalah boarding pas silahkan ditanya atau protes di bawah (maksudnya counter transit)”. Setelah dengar jawaban seperti itu saya sebenarnya agak mulai emosi, kenapa dilempar sana sini. Bukannya mereka bisa telepon ke bawah ya untuk tanya ini itu. Dan saat itu memang situasinya agak rumit karena ada beberapa orang juga yang protes masalah delay ini.

Di saat menunggu kejelasan dari petugas lion air di gate 5 tiba-tiba ada seorang ibu protes sambil berbicara dengan suara keras; “kebiasaan nih makassar begini”. Rupanya ibu itu mengeluhkan hal yang sama yaitu masalah delay pesawat. Kayaknya ibu itu udah beberapa kali delay pesawat di makassar. Ibu itu kemudian protes ke petugas sambil marah-marah. Untung ada temannya yang sedikit menenangkan ibu itu. Akhirnya saya kemudian turun ke bawah lagi untuk meminta boarding pas yang baru.

Di counter transit lion saya kemudian menunjukkan boarding pas dan tiket saya agar mereka tahu bahwa mereka telah salah memberi boarding pas. Setelah menunggu beberapa menit akhirnya mereka menjelaskan bahwa semua penumpang lion air dari baubau tujuan jakarta telah dialihkan karena pesawat dari baubau mengalami keterlambatan.  Trus saya bilang; “tadi saya tiba pesawatnya masih ada dan pas naik di gate 5 pesawat JT 793 masih ada”. Petugasnya bilang; “betul pak tapi semua sudah dialihkan ke pesawat JT797 yang jam 15.20 WITA”. Sumpeh lho mbak…belum pernah lihat saya nasi goreng ya hehe.

Akhirnya saya bilang; “kalau gitu saya minta kompensasi delay.” Harusnya berangkat 13.25 jadi berangkat 15.20, hampir dua jam tuh delaynya. Si petugasnya bilang; “kalau kompensasi bukan minta disini pak, tapi di customer services”. Kebayangkan gimana sumpeknya hati saya waktu itu. Kemudian saya tanya;”dimana mbak tempat customer services lion air?”. Si petugas itu kemudian ngasih arah sambil nunjuk jalan belok kanan, belok kiri, kemudian lurus setelah itu belok kiri.

Saya kemudian berjalan menuju customer services lion air di bandara sultan hasanuddin makassar sesuai arahan petugas yang tadi. Sejujurnya saya belum pernah ke tempat customer services lion ini. Setelah agak tersendat dan ragu sedikit akhirnya ketemu juga customer services lion. Dan apa yang saya lihat di sana lebih mencengangkan lagi. Ibu yang protes di gate 5 tadi ternyata sudah ada di sini bersama dengan beberapa orang yang kemungkinan bermasalah juga. Si Ibu ini lagi-lagi teriak dengan suara keras 🙂

Selidik punya selidik ternyata barang Ibu itu sudah terbang bersama pesawat lion air dan dia masih di makassar. Sejujurnya saya ga tahu detail bagaimana Ibu itu bisa mengalami hal seperti itu. Saya kemudian ngantri untuk pengaduan di loket customer services. Setelah tiba giliran saya, sama si petugas itu saya menceritakan masalah delay pesawat dan meminta pertanggung jawaban lion atau kompensasi keterlambatan. Si petugasnya hanya bilang; oh kalau minta kompensasi di dalam pak, bukan di sini”.

Hmm..sabar…sabar…akhirnya saya mencoba ke dalam tapi sebelum masuk sy lihat di dalam ada banyak juga yang bermasalah. Setelah menimbang sana sini akhirnya saya memutuskan untuk ikhlas saja. Saya kemudian berjalan naik ke lantai 2 bandara, cari musholla dan shalat zuhur plus jamak dengan ashar, soalnya tiba di jakarta nanti sekitar jam 5 sore, belum juga ngantri keluar dari pesawat.

Ketika sekitar jam 15.00 WITA ada panggilan untuk penumpang pesawat lion air JT 797 tujuan jakarta. Saat petugas memeriksa boarding pas, saya agak memasang muka judes hehe, soalnya masih kesal dengan kejadian delay tadi yang sebelumnya. Si petugas itu agak gimana gitu responnya 🙂 Dan pesawat ini pun sebenarnya tidak langsung berangkat juga, di dalam pesawat tiba-tiba ada pengumuman bahwa ada delay sedikit. Hmmm..okelah lion air.

Pesawat tiba di jakarta udah sore menjelang malam. Dan apa yang saya takutkan memang terjadi, yaitu macet parah. Teman-teman pasti tahu kan gimana macetnya jakarta kalau jam 5 sore ke atas. So, itulah sedikit cerita dan salah satu pengalaman saya delay bersama lion air.

Tips dari saya kalau mau naik lion air:

Kalau teman-teman mengejar waktu dan pengen naik lion air maka tipsnya adalah jarak antara jam yang dikejar dengan jam tiba lion air harus jauh atau lebar. Misalnya kamu tinggal di jakarta ada wawancara di surabaya jam 10 pagi, maka usahakan ambil penerbangan yang tiba di surabaya jam 8 pagi. Walaupun tempat wawancara dekat dengan bandara tetap jangan berspekulasi, ini untuk mengantisipasi jangan sampai ada delay pesawat.

Kalau ga ada waktu yang dikejar atau pas tiba di tempat tujuan ga kesibukan khusus maka delay penerbangan sebenarnya ga terlalu berpengaruh. Kenapa saya protes masalah delay waktu itu karena saya ingin tiba di jakarta jam 14.45 WIB. Pada jam ini belum kena jam pulang kantor jadi ga terlalu macet. Tapi karena delay akhirnya saya tiba di jakarta udah sore menjelang malam. Dan efeknya macet parah di tol, apalagi di tol dalam kota di grogol dan gatot subroto.

Semoga tulisan di atas bermanfaat buat teman-teman yang hendak berpergian keluar kota. Salam hangat.

2 thoughts on “Pengalaman Delay Bersama Lion Air

  1. Benar sekali, harus punya tabungan waktu landing yang cukup kalau menggunakan Lion Air 🙂 Untuk intra-P.Jawa atau Jawa-Bali biasanya max 1 jam (tidak terlalu sering lewat dari itu). Tapi untuk embarkasi lain sepertinya memang beda cerita ya

    Like

    1. Benar kawan, kalau mau pake lion air harus ada spending time yg cukup, jangan mepet2. Kalau waktu kita terbatas ya mau gak mau pake maskapai lain 🙂

      Like

Leave a Reply

