College

Status Lulus Di Pangkalan Data Dikti

Beberapa minggu belakangan beredar berita tentang banyaknya alumni perguruan tinggi yang tidak terdata di dikti sebagai lulusan perguruan tinggi dari tempatnya mencari ilmu. Sekilas hal ini terlihat seperti sepele tapi bisa menjadi sumber masalah bagi yang ingin menggunakan ijazah tersebut khususnya yang ingin mendaftar CPNS, anggota DPR, pilkada atau untuk kebutuhan lainnya.

Akhirnya saya coba cek data atau status kelulusan saya di website dikti. Siapa tahu di masa depan saya tiba-tiba jadi abdi negara dan status kelulusan saya dipertanyakan hehe… Dan hasilnya; alhamdulillah status kelulusan saya telah masuk di database forlap dikti. Mulai dari kuliah D3 UNPAD, S1 UI, hingga S2 UGM semuanya terdata dengan baik di website dikti.

Berikut ini adalah screen shoot data atau status lulus saya di website dikti. Saya mulai dari yang paling recent.

1. Lulus S2 Teknik Geologi UGM

S2 Teknik Geologi UGM
Status Lulus S2 Teknik Geologi UGM

Jurusan S2 saya yaitu Teknik Geologi dan peminatannya yaitu Petroleum Geoscience. Informasi peminatan biasanya tertulis di transkrip nilai. Kemudian tanggal lulus yang tertulis di atas 7 Desember 2013 yaitu tanggal lulus sidang ujian tesis. Waktu itu sidangnya di Gedung Jurusan Teknik Geologi, Kampus UGM Yogyakarta.

Saya masih ingat saat sidang waktu itu penguji saya yaitu Pak Salahuddin Husein, Pak Ricky Adi Wibowo (Pertamina), Pak Jarot Setyowiyoto, dan Pak Joko Wintolo. Pak Jarot dan Pak Joko sejatinya adalah pembimbing tesis saya, jadi beliau-beliau ini memberikan pertanyaan yang tidak terlalu “keras” dibandingkan dengan dua penguji utama (Pak Salahuddin dan Pak Ricky). Kemudian saya memberikan keterangan “Pertamina” pada Pak Ricky karena beliau sebenarnya bukan dosen tetap UGM. Beliau adalah pegawai Pertamina yang menjadi dosen di Jurusan Petroleum Geoscience UGM Kelas Jakarta. Kemudian wisudanya bulan April 2014, jadi di ijazah saya tertulis bulan April untuk pemberian Ijazah, tapi di transkrip nilai ada keterangan lulus 7 Desember 2013.

2. Lulus S1 Fisika UI

S1 Fisika UI
Status Lulus S1 Fisika UI

Jurusan S1 saya yaitu Fisika UI, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Bidang minat yang saya ambil adalah Geofisika. Saya ngambil program ekstensi S1 Fisika UI, masuk tahun 2006, lulus tahun 2010. Sebenarnya saya bisa lulus tahun 2009 tapi karena ada dua mata kuliah dengan nilai jelek jadi saya harus mengulangnya. Di kampus lain perbaikan nilai jelek ini mungkin bisa dilakukan dengan langsung ujian perbaikan khusus untuk mahasiswa tingkat akhir, tapi hal ini tidak berlaku di UI. Persoalan lainnya adalah mata kuliah saya yang mendapat nilai jelek ini ada di semester ganjil dan genap.

UI menggunakan sistem SIAK-NG sejak 2006, dimana pengisian rencana studi mahasiswa dilakukan lewat internet di SIAK-NG UI. Sehingga mata kuliah di semester ganjil hanya akan muncul di semester ganji dan mata kuliah semester genap hanya akan muncul di semester genap. Jadinya saya kuliah dua semester untuk dua mata kuliah dengan satu mata kuliah untuk masing-masing semester.

Di screetshoot data dikti di atas tidak tertulis tanggal lulusnya. Saya lulus sidang atau seminar tugas akhir pada pertengahan tahun 2010 tepatnya pertengahan Juli 2010. Sidang tugas akhir saya ingat waktu itu pengujinya Pak Yunus Daud dan Pak Anggoro Drajat (Geoscientist perusahaan minyak). Dan Pembimbing saya Pak Abdul Haris (yang sekarang sudah jadi dekan FMIPA UI). Sekitar seminggu kemudian ujian komprehensif, yaitu ujian atau sidang tertutup dengan materi ujian yang diambil dari mata2 kuliah dasar fisika murni. Pengujinya saya lupa waktu itu yg jelas dari dosen pengajar fisika murni, bukan geofisika. Alhamdulillah lulus ujian komprehensif dan dinyatakan lulus dari Fisika UI.

3. Lulus D3 Fisika Terapan UNPAD

D3 Fisika Unpad
Status Lulus D3 Fisika Terapan UNPAD

Jurusan D3 saya yaitu Fisika Terapan UNPAD, dengan bidang minat Geofisika, Fakultas MIPA. Saya masuk tahun 2002 dan lulus Januari 2006. Di screenshot di atas tertulis lulus 21 Januari 2006, yaitu tahun lulus sidang tugas akhir, di Jatinangor. Di D3 UNPAD syarat lulus ada dua; yaitu seminar tugas akhir di kampus D3 FMIPA UNPAD di Dago Bandung dan sidang tertutup tugas akhir di Kampus UNPAD Jatinangor.

Pembimbing tugas akhir saya yaitu Pak Eddy Supriana dan Penguji saya yaitu Pak Bambang Wijatmoko. Alhamdulillah seminar dan sidang berjalan dengan lancar baik. Saya masih ingat waktu itu sidang di Jatinangor selesai sore hari. Menjelang sore hari di Jatinangor waktu itu rasanya sedih sekali karena banyak kenangan di Jatinangor saat masa2 praktikum baik di laboratorium maupun pengukuran lapangan.

Di Jatinangorlah saya merasakan bagaimana ospek pertama saya sebagai mahasiswa baru, merasakan kuliah praktikum, mengejar bis sore hari yang akan pulang ke Bandung. Saya waktu itu kost di Bandung sedangkan praktikumnya dua atau tiga hari di Jatinangor. Sampai pernah naik bis antar kota karena bis reguler Jatinangor-Dipati Ukur Bandung sudah habis karena bisnya hanya sampai jam 5 sedangkan saya dan teman2 tiba2 di pangkalan damri sudah lewat jam 5.

Buat teman-teman yang status kelulusannya belum terdaftar di database pangkalan dikti, saran saya segera diurus agar tidak dianggap sebagai lulusan ilegal. Teman-teman bisa mengurus hal ini dengan cara melapor ke kampus melalui jurusan masing-masing. Segera siapkan ijazahnya karena ini adalah dokumen penting yang dibutuhkan oleh kampus dalam proses verifikasi status kelulusan teman-teman 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Status Lulus Di Pangkalan Data Dikti

    1. Galih; haha…iya mantap itu. Saya awalnya ga terlalu mikirin tapi lama2 kayaknya harus dicari tahu, bahaya ntar dikira lulusan ilegal. Teman2 yang di daerah lumayan banyak yang belum terdata kelulusannya 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s